Sabtu, 07 Februari 2015

Membuat Daftar isi Di word

Assalamualaikum warohmatulahi wabarokatuh
Bissmilah

Sering kali kita bertanya "Bagaimana cara membuat daftar isi yang begitu rapih?" sering juga kita melihat di buku buku pelajaran, novel, bahkan makalah orang daftar isinya begitu rapi dan sangat efektif membantu kita untuk mencari apa yang kita inginkan didalam sebuah buku.



Dikalangan pelajar/mahasiswa atau sederajat pastinya harus tahu. mudah sekali membuat daftar isi didalam microsoft word ada beberapa metode yang bisa kita pakai untuk membuat daftar isi pada Ms.word disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat daftar isi dengan Table of content.

caranya mudah sekali bahkan metode ini adalah metode paling cepat dan efesien. disini saya membuat table of content pada makalah atau laporan, yang sanagat perlu untuk anak anak pelajar jaman sekarang. 

sebelum memulai alangkah baiknya anda menyelesaikan makalah atau laporan terlebih dahulu dan sudah membuat nomor pada makalah karena pembuatan daftar isi adalah yang terakhir pengerjaannya pada makalah atau sebelum di cetak.

  1. Pertama beri halam kosong pada dokumen atau makalah yang akan di beri daftar isi di bawah kata pengatar untuk makalah dibawah cover untuk laporan diatas BAB I.
  2. Masuk ke home liat di kolom bagian style. (Jangan dulu diklik heading 1)
  3. oke kita mulai dari heading 1 lebih dulu, block bagian judul pada makalah setiap judul dari halaman pertama sampai akhir hanya judul utamanya saja. setelah di block kemudian klik Heading 1
  4. Lakukan langkah ke 3 sampai semua judul utama menjadi heading 1
  5. oke kemudian mulai dengan heading 2 caranya sama block terlebih dahulu pada bagian sub bab semua sub bab, sub bab biasanya ditandai dengan 1.1 atau A atau a) dan lain lain . kemudian klik heading 2
  6. Lakukan langkah ke 5 sampai semua sub bab menjadi heading 2
  7. untuk heading 3, sub bab ini biasanya ada didalam sub bab kedua atau heading 2. Jika ada lakukan langkah memblick dan klik heading 3.
  8. setelah semua sudah memiliki heading masing masing, kembali lagi ke halam kosong yang akan menyimpan table of content.
  9. simpan kursor pada halam kosong 
  10. klik REFERENCES lalu Klik table of contents dan pilih yang automatic table 2
  11. selesai tabel akan langsung jadi sebagai contoh hasil lihat gambar dibawah ini

NOTE :
  1. Jika saat pemasangan heading tiba tiba judul utama atau sub bab menjadi warna biru bisa di rubah lagi dan tidak merusak table of contents.
  2. pada table of content terdapat tulisan TABLE OF CONTENTS itupun bisa diganti
  3. jika ada perubahan pada judul atau sub judul usahkan setelahnya UPDATE TABLE lalu klik UPDATE ENTIRE TABLE fungsinya sebagai pembaruan table jika ada perubahan pada judul utama dan sub bab lainnya.


Sekian! Alhamdulilah
terimakasih.
Wasslamualaikum warohmatullahi wabarokatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar